Memasukkan Produk ke Swalayan

Beberapa waktu lalu ada teman saya (Bpk. Andhika) yang sedang mencoba merintis berjualan makanan ringan dan sedikit-sedikit mencoba jualan secara eceran. Beliau mempunyai rencana akan memasukkan produknya ke beberapa swalayan besar seperti Giant, Makro, Hero, Alfa, Indomart, Carefour, dan yang lainnya.

Langkah awal untuk menambah pengetahuannya, beliau pun googling kesana-kemari. Ternyata belum ada gambaran lengkap atau pencerahan yang memadahi. Lantas memutuskan untuk bertanya melalui milist tercinta kami "Pengusaha Muslim" dan Alhamdulillah mendapatkan sharing ilmu dari Bapak Ngatmojo yang tinggal di Balikpapan. Beliau (Bpk.Ngatmojo) memberikan penjelasan sebagai berikut:

"Saya pernah melakukan proses register ke beberapa chain outlet: Makro (skrg Lotte Mart), Hypermart, Ramayana dll. Beberapa tahapannya :

1. Datang langsung ke Buyer masing2 outlet tersebut.
2. Disana disediakan form register, tinggal diisi.
3. Setelah itu siapkan persyaratan2 sesuai yang diminta oleh buyer tersebut. Masing2 outlet berbeda. Biasanya yang standar adalah : a. Surat-surat ttg status usaha, berupa copy: KTP Pemilik/Penanggungjawab, SITU, SIUP, TDP, NPWP, SKPP, copy rekening bank, dll. b. Yang berhubungan dgn produk : price list, diskon, top, barcode, label produk sdh memenuhi syarat, dll. Ada juga outlet yang minta contoh produknya juga dibawa.
4. Untuk outlet2 tertentu ada biaya Listing Fee (biaya untuk mendaftarkan produk ke outlet tersebut). Besarnya bisa lsg ditanya ke buyernya. Ada juga yang free.
5. Setelah semua dokumen lengkap dan diterima oleh pihak outlet tersebut, tinggal tunggu info dari buyer kapan PO pertama dibuka.
6. Setelah itu tinggal tunggu repeat order, dan jangan lupa melakukan penagihan."

Melihat beberapa persyaratan di atas memang cukup sulit bagi pengusaha pemula.. terlebih seperti saya Namun jangan khawatir karena yang pasti kita masih bisa kok memasukkan produk kita ke pedagang-pedagang yang ada di pasar, toko, atau menitipkan ke teman-teman akrab kita yang punya hobi jualan. Salam sukses !

1 comments :

  1. ribet emang masukin prodak ke dunia supermaket sudah banyak sekali aturan , juga prodak yang ga laku atau basi mereka tidak mau bayar tapi di kembalikan juga perputranya lama karna banyak prodak berkumpul disana

    jual prodak khususnya kuliner saya dulu punya pengalaman , prodak saya bagus di luaran belum tentu bagus di dunia supermaket , terkadang perturanan ke untungnya lama juga jika basi mereka tidak mau banyar mereka banyar jika prodak laku saja

    menurut saya rugi jika perputrananya lama dan untung sedikit , saya bisa perputaran cepat dan untung lumayan jika saya jual via online dan juga baik jaringan sosial dan juga masuk-masukin ke warung

    segitu saja deh infonya

    pengen tau prodak - prodak kuliner kami disini : www.herigrosir.com

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dan dimohon untuk tidak mengirim spam.