Resiko Menggunakan Extension Facebook Invite All

Cara Mengundang Teman Facebook untuk Menyukai Like Halaman Fanpage
Hak muslim atas muslim lainnya disebutkan dalam Kitab Bulughul Maram Bab Adab ada 6, satu diantaranya memenuhi undangan apabila diundang. Dalam keadaan normal, memenuhi undangan hukumnya fardhu khifayah.

Dalam dunia Facebook ada istilah Invite, yakni aktivitas mengundang seseorang atau lebih utk menghadiri suatu event atau sekedar menyukai (like) fanpage (FP) tertentu.

Ketika kita di-invite utk menyukai suatu fanpage, tentu hukumnya tdk sama dengan menerima Undangan sebagaimana dimaksud dlm kitab tersebut.

Men-like suatu fanpage hukumnya mubah, boleh iya.. boleh tidak.. itu murni hak Anda.

Beberapa orang ketika di-invite kemudian merasa tdk menyukai fanpage tersebut, memiliki respon yg berbeda.

1. Ada yang tidak suka namun tetap men-like.

2. Ada yang tidak suka dan mengacuhkannya.

3. Ada yang tdk suka dan marah2 melalui inbox.

Orang pertama berjiwa welcome, ia yakin meski tdk suka dg Fp tersebut namun percaya bahwa tdk ada suatu yg sia2, ia berharap mendapat ilmu dari sana..

Orang kedua type tidak mau ambil pusing, biasa saja.. dan memahami bahwa dunia online siapapun berhak meng-invitenya.

Orang ketiga type sensitif, merasa terganggu jika diinvite padahal sama sekali tdk terganggu jika mendiamkannya seperti orang kedua. Bisa juga karena belum familiar dunia online alias sedikitnya ilmu pengetahuannya yg menyebabkan marah-marah.

Saya salah satu pengguna facebook yg suka meng-invite menggunakan tools / extension. Ketika meng-invite tdk sempat memilah siapa saja yang akan di-invite. Toolsnya bekerja otomatis dan ke semua list pertemanan.

Tentu.. respon yang sy terima berbeda2.. ada yang mengucapkan terimakasih, ada yang marah2, bahkan ada yang mengkafirkan.

Saya tidak membalas respon mereka secara berlebihan, karena sudah menyiapkan mental sejak awal bahwa akan mendapat berbagai respon, baik melalui inbox atau mungkin bbm dan whatsapp.

Teruntuk Anda yang senang ketika saya invite, semoga Allah menyenangkan hati Anda...

Dan teruntuk Anda yang marah ketika saya invite, saya minta maaf jika kurang berkenan. Semoga Allah memafkan kita semua dan menambahkan ilmu yg bermanfaat. Dengan ilmu kita akan semakin bijak menyikapi setiap masalah.

0 comments :

Post a Comment