Review Notebook ASUS A43S | K43SJ & Download Driver

Series Code yang terdapat pada sebelah kanan touchpad notebook ini adalah A43S, pasar ada yang menyebutnya A43SJ. Meski begitu, melalui DXDIAG akan kita jumpai bahwa system model yang digunakan adalah K43SJ. Dari itu judul artikel ini saya cantumkan "Review Notebook ASUS A43S | K43SJ" untuk memudahkan Anda yang masih bingung, dengan kesimpulan bahwa A43S = K43SJ. "..& Download Driver" (lanjutan judul) karena di bagian akhir artikel akan saya cantumkan link download drivernya teruntuk Anda yang kehilangan paket "DVD Driver" yang didapat saat pembelian.
Untuk memilikinya, di Jakarta, berdasarkan survei saya sendiri notebook ini di bandrol dengan harga kisaran Rp 4.850.000,- sampai dengan Rp 5.500.000,- tergantung tempat toko Anda menjual.
Merupakan notebook dengan low budget terutama untuk para gamer dan pecinta desain grafis, terlebih setelah membaca review saya di bawah ini:

Spesifikasi Default
CPU Intel Core i3 2330M (2,2 GHz)
Memory Sodim DDR3 2 GB dengan IC Hinyx
VGA Geforce GT520M 1 GB
Harddisk Sata Hitachi 500 GB
Camera 0,3 Mega Pixel
Layar 14.0" 16:9 HD (1366x768) LED Backlight
OS DOS
=================================

PROCESSOR
Di bundle dengan core i3 2330M / 4 CPU, notebook ini sudah lebih dari cukup untuk memainkan games berat atau mengerjakan pekerjaan-pekerjaan desain, seperti keperluan saya untuk desain website.
Di dukung dengan teknologi IceCool, notebook ini terasa tetap dingin meski dinyalakan dalam waktu yang lama.
Saya sering menggunakan notebook ini lebih dari 8 jam kerja tetap nyaman alias tidak ada panas berarti, berbeda dengan laptop lain yang di bawah spesifikasinya, dimana rata-rata penggunaan di atas 1 jam sudah menimbulkan panas bahkan terkadang overheat.
Mengenai teknologi IceCool, silahkan simak penjelasan di bawah ini yang saya ambil dari website resminya:

"Based on over 20 years of leadership in motherboards, ASUS has designed the new Series with a unique double-sided motherboard that includes IceCool Technology. This lowers temperatures to maintain a comfortable palm rest feel, preventing unwanted heat build up."

MEMORY
Memory Sodim DDR3 2 GB bawaan, saya ganti dengan 8 GB merk Visipro (terdiri dari 2 x 4 GB).



Sebelumnya mau saya gunakan adalah merk V-Gen 4 GB x 2 keping, namun berhubung ada testimoni dari temen pedagang di Mall Depok TownSquare yang pernah menggunakan V-Gen kemudian sering hank, maka niat saya pun urung meski V-Gen sebenarnya merk favorit saya.
Bagaimana dengan performanya ? Untuk menjawab pertanyaan ini, saya yakin Anda sudah dapat membayangkan sendiri jawabannya.. dan lebih menarik lagi dengan apa yg terjadi pd penjelasan grapich VGA di bawah ini.

VGA
Menggunakan chipset Geforce GT520M 1 GB sepintas hati saya merasa puas, namun muncul sedikit (saja) rasa kecewa setelah dilakukan pengecekan menggunakan software GPUZ, terbaca disana bahwa bus width yang terbundle pada spek VGA di atas adalah 64bit.



Harapan bus width di awal sebelum memiliki notebook ini adalah 128 bit minimal. Latar belakang ini juga yang menjadikan saya untuk melakukan upgrade memory sodim-nya menjadi 8 GB agar share vga-nya yang secara default adalah 1 GB akan mengalami kenaikan. Dan benar saja kenaikan tersebut terlihat signifikan menjadi 4065 MB atau 4 GB. Shared VGA ini cukup mengobati ketidakpuasan saya sebelumnya.
Berikut gambar Shared VGA 4 GB:



HARDDISK
Lega rasanya ketika coba membongkar casing bawah notebook dan melihat harddisk yang terpaket dalam notebook ASUS K43SJ menggunakan merk Hitachi, sebuah merk favorit saya. Dibawah ini gambar merk harddisk yang saya tampilkan melalui device manager.



CAMERA
Bagian ini boleh dikatakan belum berbanding dengan spesifikasi lainnya yang ada. Dengan camera 0.3 Mega Pixel, hasil capture yang dihasilkan terlihat tidak maksimal.
Tentunya bagi Anda yang menyukai jeprat-jepret di depan web-cam atau menggunakannya untuk video call, notebook ini bukan pilihan yang tepat.

LAYAR
Dukungan teknologi LED 14 inch wide screen memanjakan mata saat-saat bersama notebook ini meski sedang mengetik di tempat yang kurang terang.

OPERATING SYSTEM (OS)
Berbekal spesifikasi yang saya sebutkan di atas, terutama setelah saya upgrade, maka notebook ini layak menggunakan OS Windows 7 ultimate 64 bit seperti gambar di bawah ini:



KNOWLEDGE
Untuk mengetahui FAQ, Technical Documents, dan Troubleshooting mengenai notebook ini, silahkan kunjungi arsip artikel dari website resminya di link : http://support.asus.com/Knowledge.aspx?SLanguage=en&m=K43SJ&p=3.

Contoh arsip FAQ:
Pertanyaan => Menggunakan Windows 7 Ultimate 64 bit, printer saya tidak bisa terhubung ke port USB 3.0 notebook, bagaimana cara mengatasi masalah ini ?
Jawaban =>  Driver "USB 3.0" yang terdapat pada "paket DVD Driver 64bit" saat pembelian masih menggunakan "versi V1.12.5.0", seperti gambar di bawah ini:



Cara untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan meng-update driver USB3.0 dari versi V1.12.5.0 ke versi V3.0.108.16. Dan berikut link downloadnya: http://dlcdnet.asus.com/pub/ASUS/nb/Drivers/USB3.0/USB3_Fresco_Win7_64_z3010816.zip

AWARD

 
Notebook K43Sj sudah mendapatkan award dari HWM Silver Award, dan review dari Gadgets Magazine selama 2 edisi.

DRIVER
Driver Notebook K43SJ untuk windows 7 32bit dan 64bit. | DOWNLOAD |

Dan demikian yang dapat saya sampaikan, mohon tambahan review dari teman-teman yang memiliki pengalaman lain untuk notebook K43SJ ini melalui kolom komentar di bawah. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih sudah berkunjung ke blog saya dan membaca artikel ini.

Salam sukses,
Dian Hendriyana

66 comments :

  1. gan untuk upgrade memory agan ampe habis berapa? mohon pencerahannya.. laptop ane sama soalnya..

    ReplyDelete
  2. Memory ane beli 215rb gan yang 4GB/keping merk Visipro. ane beli 2 keping. yang 2GB bawaan laptop ane simpen.

    ReplyDelete
  3. kalau diinstall windows XP SP3, mohon bantuannya dimana mendapatkan driver nya ?? terima kasih.. salam sukses selalu

    ReplyDelete
  4. Pakai Cobra Driver Pack saja bro.. atau Sky Driver..lengkap dan mudah. Jika tidak punya, pesan saja ke email saya, nanti saya kirimkan DVDnya.. ianvisioner[at]gmail.com (ganti tulisan [at] dengan symbol @

    ReplyDelete
  5. om,kalau masalah ganti hardisk itu kira2 habis berapa ya om..??
    soal nya lepi saya udh time out hardisk nya..
    mohon bantuan om..

    ReplyDelete
  6. Untuk Mas asenk_cino, harddisk laptop sata 500 GB baru harga sekitar 700rb. Bisa dicari di toko komputer terdekat, jenengan ada di Jogya ya ?

    ReplyDelete
  7. oalah mas... driver webcam erorr rakno dinggo ...
    laptop CCD ki... driver ra komplit ...

    ReplyDelete
  8. untuk driver webcam sebenarnya sudah terinstall secara default. yang agan maksud mungkin software / utilitynya. Coba searching di google dengan keyword "software webcam full version". Disana ada banyak banget.

    ReplyDelete
  9. bisa minta link buat driver a43s buat windows xp bos :) kalau ada bisa di share ke warung_tjilik@yahoo.com , terima kasih boss

    ReplyDelete
  10. terima kasih atas infonya moga bertambah lagi ilmunya

    ReplyDelete
  11. mohon bantuannya gan, saya lagi butuh freeware untuk windows 7 64 bit agar kompi saya lebih nyaman digunakan. seperti revo uninstaller, avg, asc,dll. apa agan punya infonya

    ReplyDelete
  12. Untuk Warungtjilik :
    Pakai CobraDriver / DriverPack / SkyDriver. Kalau site resminya nggak menyediakan.

    Untuk bungino :
    Untuk freeware terbaru sudah tersedia lengkap di www.filehippo.com . Silahkan ke TKP, dan download sepuasnya.. :-)

    ReplyDelete
  13. Gan laptop ane sm persis dgn agan, kan ane instl win xpsp3 tp srng bgt BSOD gan bcaannya bug_usb_code gtu, itu mksdnya apa ya gan? Mohon solusinya.

    ReplyDelete
  14. gan untuk notebook 10 inch yng bagus apa??
    mohon pencerahannya??

    ReplyDelete
  15. gan lepi ane usb 3'nya ga kedetek masalahnya apa ya??? drivernya diinstal jg gag bisa,,,,
    ane pake windows7 32-bit.
    mohon pencerahaanya....

    ReplyDelete
  16. Untuk Komen 19 Juli:
    Masuk ke Device Manager dan klik kanan "Host Controller" pilih uinstall, kemudian restart komputer. Biarkan Host Controller terinstall otomatis sendiri. Jika masih belum bisa berarti driver usb ada yang nggak support dengan XP SP3 atau error pada kernel systemnya, jika ini yang terjadi silahkan install ulang kembali. Perlu diketahui bahwa asus A43S ini rekomendasi dari official site-nya menggunakan windows 7 64 bit.

    ReplyDelete
  17. Anonim 23 Juli:
    Notebook ? Kalau 10" NETbook kali ya bang ? Kalau barang baru bicara yang bagus, kembali ke hukum jual-beli elektronik. "Harga Mahal, Barang Bagus". Dan memang dari sekian banyak laptop/netbook yang saya bongkar, rata2 jika memang laptop mahal maka isi sparepartnya juga merk2 berkelas. Sementara saya temukan pada laptop murahan / kacangan, maka isinya pun rata2 sparepart standar/generik.
    Saran saya belinya sesuaikan dana yang ada. Dan jangan lupa yang Service Centernya paling dekat dengan rumah agar nggak repot kalau rusak dalam masa garansi. Untuk di Depok ada Axioo di Detos-nya dan atau Samsung di Margonda.

    ReplyDelete
  18. Anonim 13 Agustus:
    USB 3 itu dia berdiri sendiri part-nya menggunakan slot/kabel. Jika sebelumnya pernah dibongkar pastikan kabelnya sudah ditancap ke slotnya lagi.
    Atau tidak cocok driver USB 3-nya berhubung licensi drivernya untuk windows 7 64bit.

    ReplyDelete
  19. Gan, mau tanya. waktu itu ane upgrade memory pake V-gen sering nge hank gitu gan. trus kalo baca disini pake visipro. emang V-Gen ga bagus ya gan? trus kalo visipro support ke asusnya ga?

    ReplyDelete
  20. I Gusti Bagus Prasetya Lakshana : Untuk Asus type A43S atau K43SJ ini ane sudah coba pakai V-Gen, hasilnya nge-hank, beberapa temen menyebutkan testi yang sama. Penyebabnya kenapa ane juga nggak tahu pastinya bro.. mungkin kurang support saja, dan sebenarnya itu hal yang wajar dan banyak terjadi pada beberapa merk laptop lainnya. ini bukan berarti v-gen nggak bagus ya bro.. hanya nggak cocok saja. Iya pakai visipro saja.. ane dan rekan pakai visipro sampai sekarang kenceng2 saja bro.. regards!

    ReplyDelete
  21. postingan ini sangat menarik serta enak dibaca.... saya berharap bisa berkunjung lagi

    ReplyDelete
  22. saya mw tanya nih itu pakenya yg PC 8500 / PC 10600? maaf newbie gan..
    kalo bisa minta tolong share detail ramnya gan.. ane jg mw upgrade hehehe..

    ReplyDelete
  23. Reviewnya bagus mas. Kebetulan laptop saya speknya sama. Processornya bisa di upgrade ke i5 atau i7?

    ReplyDelete
  24. gan, ane mau tanya..
    laptop asus a43s ane kok tombol FN nya banyak yg gak fungsi, itu knpa ya gan...
    terimakasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  25. Gan, Ada tutorial cara bongkar A43S ndak?
    terima kasih postingannya,,
    keren...

    ReplyDelete
  26. Tutorial cara bongkar ya ? Kalau sudah terbiasa bongkar laptop saya rasa caranya sama dengan yang lain gan, cuma beda dikit namun dasarnya sama. Btw tutorial ane ngga ada. Tapi percaya deh.. bongkarnya mudah. :)

    ReplyDelete
  27. mas punya saya bluetooth kok hilang ya?
    sdh sy coba install lagi tp hasil ny nihil.
    dan saat saya buka lifefame itu juga gak bisa, ada tulisan nya "video, audio, image capturing tool. has stopped working".
    mohon bantuan.
    makasih

    ReplyDelete
  28. Jika sudah yang banyak stop working sebaiknya install ulang saja mas. Untuk driver 32bit dan atau 64bit bisa download di http://support.asus.com/Download.aspx?SLanguage=en&m=K43SJ&p=3

    ReplyDelete
  29. Mau tanya bang, laptop ini bisa diinstall win 8 tidak?

    ReplyDelete
  30. bang, laptop ane pas ane cek pake dxdiag, kartu grafis yang terbaca kok Intel?? pas ane cek pake devmgmt.msc, driver yang terbaca ada 2, Intel sama nVidia. kok ndak bisa terbaca nVidia ya?? +

    ReplyDelete
  31. Memang ada dua gan. Intel dan Nvidia. Ente install Nvidianya juga.. Kelebihannya kita bisa memilih program tertentu akan dijalankan dengan vga apa ? Contoh program game, imaging bisa pakai nvidia.

    ReplyDelete
  32. Nice, ASUS emg terbaik utk urusan grafis and game.
    (ASK) klo di instal Linux kira2 jalan ga gan? Coz ane pnsrn sama ni OS. Thanks

    ReplyDelete
  33. Kalau hanya penasaran, install linuxnya gunakan virtual-box gan.. atau program sejenisnya semisal VM-Ware.

    ReplyDelete
  34. saya mau nanya.
    laptop saya di stikernya A43S tapi di msinfo32.exe nya K43SD. Sebenernya ini laptop yg dimaksud tulisan anda bukan ya?

    ReplyDelete
  35. Udah di Upgrade Tuh , Punya Ku gk sampe Segitu RAM nya Cuma 4 , VGA nya GT 540M 1GB Plus DAri Asusnya 1 Gb jadi 2GB gk sampe 4 GB , trus K43SJ itu MOTHER BOARD !! kocak lu

    ReplyDelete
  36. maulana subakti : Kalau baca artikel yang jelas. Kalau ngantuk tidur, kalau nggak ngerti tanya yang baik atau diam.

    ReplyDelete
  37. Yusuf : ada postingan tentang A55VM g?

    ReplyDelete
  38. Gan kalo sekarang harga pasaran laptop ini berapa ya?
    Kalo mau ngcheck harga pasaran laptop dimana ya?
    Thanks

    ReplyDelete
  39. laptop saya kq skrng dibuat untuk play video or game kq kadang lemot kadang g ya?
    speknya sih msih sama kyk bawaan dulu, blm ane upgrade apapun...
    kira2 tau penyebabnya g?

    ReplyDelete
  40. Gosonk Preet : Wifi nya ada gan, hanya saja install wifi bagusnya dari driver bawaan di CD nya.

    Dicky Ariyanto : Harga pasaran laptop ini yang seken saat ini berkisar 4,2juta (garansi masih ada). Check harga laptop di kaskus.co.id

    Anonim : Beberapa rekan saya mengeluhkan hal yang sama seperti Anda. Coba upgrade versi software untuk player videonya. Dan pastikan driver vga menggunakan versi defaultnya yakni windows 7 64 bit.

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. gan punya gue asus k43sd speknya sih beda tipis ama punya agan, memorynya bisa diupgrade tidak gan ?
    sama processornya bisa diupgrade ke core i5 atau core i7 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memory bisa upgrade dan banyak yg jual. Kalau procienya musti kanibal dr laptop lain tuh gan..

      Delete
  43. Gan, bagaimana cara menampilkan asus A43S GEFORCE GT 520 M pada infocus ko ga nampil bae,bantu saya ga....

    ReplyDelete
  44. gan ada driver yang untuk windows 8 gak?

    ReplyDelete
  45. gan mau nanya,,laptop saya kan asus a43s jadi pas instal pes 2013 kok ga bisa ya,,saya liat di settingan pes nya liat di spesificationnya nya pada bagian GPU ama VRAM nya kok unable ya?trus cara nambahin VRAM nya biar jadi 128 mb gimana ya?

    ReplyDelete
  46. Terdapat masalah pada bluetooth setelah diformat, sedangkan driver bluetooth Atheros Bluetooth Device telah diinstall..bagaimanakah cara mengatasi masalah ini..?

    ReplyDelete
  47. gan spek ramnya apa dan beli ramnya dimana apakah laptop asus a43sj support dual channel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane pakai visipro 4GB. Utk belinya di toko2 komputer terdekat sj gan..itung2 bagi rizki sama mrk. :)

      Delete
  48. Gan laptop ane persis kayak punya agan, ram upgrade jadi 4GB, pake win7 HP, tapi sekarang sering panas, terus kadang kadang kalau dipencet tombol power malah mati lagi terus nyala lagi tapi belum sempet masuk BIOS, gitu berulang ulang. Mohon pencerahan

    ReplyDelete
  49. @pemuda terkini : sama masalahnya kaya ane nih gak ke detect bluetoothnya untuk type asus A43S core i5..
    solusi nya dong pliss..
    *udah install beberapa driver bluetooth tapi masih tetep.. apa jangan2 gak ada ya??

    ReplyDelete
  50. mas tombol FN ku gajalan abis diinstal win 8 64 bit.. piye iki..? lepiku asus A43S

    ReplyDelete
  51. laptop ane asus k43sj sama kayak agan dan itu masalahnya port usb 3.0 kok gabisa ya gan?

    ReplyDelete
  52. Utk USB 3.0 harus install drivernya gan..

    ReplyDelete
  53. gan k43sj ku bluetoothnya gak terdetek. di isntal driver downloadan dari asus tetep gak work. ada solusinya gak gan? terimakasih

    ReplyDelete
  54. gan,cara upgrade VGA itu gimana? apa harus upgrade ram nya dulu? atau pake program apa gitu gan
    tolong ya gan :)

    ReplyDelete
  55. nice info gan, sometimes boleh ya gan nanya-nanya kalo ane ada masalah sama ni lepy, ;)
    [Marked]

    ReplyDelete
  56. gan.. mau nanya. gimna y cara mmpercepat sistem kinerja asus A43S. dibawa browsing lemot pa lg nggames, ampun dah -D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lemotnya karena windows sdh lama blm install ulang, silahkan install lagi. Lebih bagus cek kondisi harddisknya apakah ada bad sectornya..

      Delete
  57. Gan, laptop saya sama persis dg punya Agan. RAMnya udh sy upgrade jadi 6 GB. Kmaren waktu sy install PES 13, maennya lancar2 aja. Skrg udh sy install PES 14, tapi ketika sy mainkan, knapa kok gerakan pemainnya jd lambat smua ya Gan? Apa specnya kurang support buat game PES 14?

    ReplyDelete
  58. Nice info gan..laptop sy sama persis..A43SJ warna biru..indikator prossor n memori lptop sya kok tinggi ya skitar 30%..padahal baru nyala dn sy gak jalankan progrm ap"..ini mmbuat sy gak bisa maen game berat" lg..kira" knp ya gan?..soalnya udh bbrp kali diinstl ulang windows nya..tp tetep sama..pencerahan nya gan..thx

    ReplyDelete
  59. Upgrade VGA itu di ganti seperti PC ya?? atau bagaimana??

    ReplyDelete
  60. gan, saya ingin membeli A43S tp dana limit, akhirnya jatuhkan pilhan ke 2nd. tips untuk mengecek kondisi masih bagus seperti apa ya gan? bisa upgrade processor dan VGA nya ga? mohon pencerahannya. thx

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dan dimohon untuk tidak mengirim spam.