Printer Epson T11 Hasil Print Pecah Membelah

Printer Epson T11 Hasil Print Pecah Membelah
Hai sobat blogger kali ini kita akan membahas tutorial cara mengatasi printer Epson T11 yang hasil printnya pecah atau membelah. Penyebabnya sendiri biasanya karena printer jarang digunakan, akhirnya nozzle atau head printnya menjadi kering sehingga tidak maksimal hasil yang dikeluarkan, juga ada beberapa penyebab lainnya.

Kita sebenarnya hanya perlu melakukan cleaning menggunakan tools yang tersedia pada driver printer yang sudah kita install di komputer kita. Kami anggap driver printer T11 sudah terinstall pada komputer kita masing-masing dan jangan lupa untuk mengisi printer dengan kertas yang baru dan bersih.





1. Nyalakan printer dan koneksikan ke komputer.

2. Klik "Start" sorot "Devices and Printers" untuk windows 7 atau "Printers and Faxes" untuk Windows XP (lihat gambar di bawah ini).

Devices and Printers

3. Akan muncul jendela yang di dalamnya terdapat list driver printer yang terinstall pada komputer kita (lihat gambar di bawah ini).

Epson Stylus T11 Series
4. Pilih nama printer, "Epson Stylus T11 Series". Klik kanan pada nama printer tersebut kemudian pilih "Printing Preferences" sorot "Epson Stylus T11 Series" (lihat gambar di bawah ini).

Printing Preferences

5. Muncul jendela Epson  Stylus T11 Series Printing Preferences. Perhatikan di sana ada tab menu "Shortcuts | Main | Advanced | Page Layout | Maintenance". Silahkan pilih tab menu "Maintenance", lihat gambar di bawah:

Maintenance atau Perawatan Printer

6. Kita akan bersihkan bagian Head-nya. Silahkan klik ikon di samping tulisan "Nozzle Check". Pada jendela yang muncul, klik "Print" maka printer akan melakukan printing. Amati hasilnya sesuai gambar di bawah ini:

Membersihkan printer

Katakan pada kasus sekarang hasilnya yang nomor 2 alias membutuhkan pembersihan atau cleaning, maka silahkan tekan tombol "Clean" untuk membersihkan permukaan head printer.

Selanjutnya pada jendela yang muncul silahkan klik "Start" untuk melanjutkan dan tunggu, proses cleaning sedang berjalan (lihat gambar di bawah ini).

proses cleaning
Jika cleaning sudah selesai akan menampilkan jendela dengan dua tombol pilihan "Print Nozzle Check Pattern" atau "Finish". Silahkan pilih "Print Nozzle Check Pattern" untuk melihat hasil printnya lagi (lihat gambar di bawah ini ).
Print Nozzle Check Pattern

Jika hasil print masih terputus, silahkan ulangi langkah tersebut sebanyak 4 sampai 6 kali. Jika dirasa cukup, terakhir klik "Finish" (lihat gambar di atas).

7. Oke kami anggap langkah di atas sudah selesai.

8. Sekarang kita test hasil print dengan melakukan printing salah satu dokumen kita, contoh; dokumen dari microsoft word dan usahakan yang berwarna. Sebelum melakukan printing dokumen berwarna, silahkan lakukan setting terlebih dahulu, langkahnya di bawah ini:

Tekan tombol "Ctrl + P" pada keyboard untuk memunculkan jendela Print, kemudian menuju tombol "Properties" (lihat gambar di bawah ini).
Print Option

Selanjutnya rubah "Quality Option" printnya menjadi "Best Photo", jika sudah klik "OK" (lihat gambar di bawah ini).
Best Photo

Selesai dan silahkan mulai printing dokumen dengan klik tombol "OK" lagi.

Kedepannya, kapanpun kita dapat melakukan printing dengan mensetting "Quality Option" seperti gambar di atas. Pilih "Text" untuk teks biasa, atau "Text & Image" untuk teks bercampur gambar, dan "Photo / Best Photo" untuk mencetak photo.

Jangan lupakan juga untuk membaca artikel "Bagaimana cara merawat printer ?". Silahkan download artikelnya dalam bentuk pdf. | DOWNLOAD |

2 comments :

  1. gimana kalau printer nya canon?
    printernya ga bisa menarik kertasnya,,

    ReplyDelete