Servis komputer depok, mekarsari, tugu, cisalak, cimanggis

Cara Menghapus URL Error dari Hasil Penelusuran Google

Belakangan saya berminat kembali untuk mendaftar Google Adsense, sebelumnya mencoba mendaftar beberapa kali dengan hasil ditolak. :)

Setelah membaca ulang persyaratan dan ketentuan AdSense, kebijakan program AdSense, dan kebijakan konten terlarang, tiba saatnya mengecek website secara keseluruhan agar memenuhi persyaratan dan tidak melanggar kebijakan yang telah ditentukan. Salah satu pengecekan yang saya lakukan adalah membuat daftar link atau url yang tidak bisa diakses karena sudah rusak, terhapus atau kadaluarsa.

Untuk langkah pengecekan url error bisa dengan dua cara, yaitu:

1. Menggunakan menu di Google Webmaster Tools.
Silahkan login ke situsnya, kemudian masuk ke menu "Crawl / Perayapan", lalu pilih sub menu "Crawl Errors / Kesalahan Perayapan". Nanti pada Tab Not Found akan ditampilkan daftar url error. Selanjutnya Anda bisa mengcopy seluruh daftar url error tersebut ke notepad.

Jika daftar url error sudah Anda copy ke notepad, selanjutnya silahkan menuju menu "Google Indeks" kemudian pilih sub menu "Remove URL / Hapus URL". Untuk mulai mengajukan permintaan penghapusan url error dari hasil penelusuran Google, silahkan klik tombol "Create a New Removal Request / Buat permintaan penghapusan baru".

Pada tahap tersebut, silahkan cut / copy paste satu-persatu url error yang telah disalin di notepad sebelumnya ke kolom penghapusan yang tersedia, lalu klik "Next / Terus". Saat muncul halaman berikutnya, pilih "Alasan" Penghapusan : "Hapus laman dari hasil penelusuran dan cache", kemudian klik tombol "Kirim Permintaan". Ulangi langkahnya sampai semua url berhasil dikirimkan sebagai permintaan penghapusan.

Dalam beberapa kasus seperti yang saya alami sendiri, sub menu "Crawl Errors/Kesalahan Perayapan" milik saya tidak bisa menampilkan daftar url error dimaksud. Jika Anda mengalami hal serupa, silahkan melakukan langkah pengecekan url errornya menggunakan cara kedua di bawah ini.

2. Menggunakan kolom search Google.
Dengan mengunjungi mesin pencari Google, silahkan ketik di kolom search nya "site:UrlBlogAnda", contoh: site:dianhendriyana.blogspot.com, dan cara kedua inilah yang saya pakai.

Maka akan ditampilkan semua daftar link postingan yang ada di dalam blog Anda hingga beberapa halaman (milik saya ada 8 halaman hasil search). Buka link-link tersebut satu-persatu menggunakan cara klik kanan link dan pilih "Open Link in New Tab". Dari semua link yang Anda buka, akan ada beberapa url yang tidak menampilkan isi halaman, itulah yang disebut URL Error. Sekarang Anda kumpulkan url error tersebut ke notepad untuk selanjutnya kembali kepada langkah seperti yang telah disebutkan pada cara pertama di atas yaitu menuju menu "Google Indeks" kemudian pilih sub menu "Remove URL / Hapus URL" dan seterusnya. Selamat mencoba....

0 comments :

Post a Comment