Servis komputer depok, mekarsari, tugu, cisalak, cimanggis

Cara Menghapus Permanen Link Informasi dari Google

Bismillah. Sebagai blogger saya memiliki beberapa blog baik aktif maupun pasif. Selesai shalat malam sambil menunggu istri masak.. saya coba searching seberapa 'terkenalnya' nama saya di mesin pencari google. Hingga halaman ke 19 dari google saya terhenti karena menemukan sebuah link dengan nama lengkap saya yang menjadi tag ke sebuah situs p*rno.

Sesaat saya klik link-nya, ternyata benar saya dibawa ke arah situs yang memuat gambar-gambar p*rno dimana nama lengkap saya dijadikan tag, selagi orang mencari nama saya di google akan dapat menemukan link tersebut. Secara detail isi dari situs tersebut memuat gambar-gambar yang disisipkan iklan di dalamnya, jelasnya lihat gambar di bawah ini:

Cara Menghapus Permanen Link Informasi dari Google

Penjelasan:
1. Bentuk tag dengan nama lengkap saya, link addressnya tidak saya capture.
2. Setiap gambar memiliki title iklan
3. Ketika salah satu gambar saya sorot menggunakan pointer_cursor, maka dapat kita lihat bahwa di address bar kiri bawah menunjukkan alamat link iklannya.
4. Alamat link iklan yang tersembunyi di balik gambar

Entah terjadi secara otomatis atau dibuat manual oleh pemiliknya, yang pasti situs tersebut telah mengindeks blog saya yang terbuat dari wordpress. Terbukti dari sidebar sebelah kanan situsnya terdapat hasil pencarian dengan keyword nama lengkap saya, jelasnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini:

blog terbuat dari wordpress
Pada kolom merah tersebut ketika saya klik akan diarahkan ke blog wordpress saya melalui short link berbayar dari http://adf.ly. Artinya jelas bahwa situs tersebut menjadi mesin pencari dolar.

Mengalami kejadian tersebut biasanya bagi kita para blogger akan lebih tenang menyikapinya.. berbeda kasus jika yang mengalami adalah masyarakat umum.. mungkin akan kaget, tersentak, pusing, khawatir, kebayang ini itu, dll....

Namun jangan khawatir jika ada diantara Anda yang mengalami hal serupa seperti saya.. ambil nafas yang dalam, tersenyumlah dan tetap tenang.. karena kita bisa meminta bantuan ke Google untuk menghapus informasi tersebut dari search engine-nya. Berikut cara yang saya lakukan :

1. Silahkan login ke akun Google Anda
2. Seperti biasa, pada kolom search Anda ketikkan keyword "cara menghapus link di google" lalu enter. Akan kita temukan hasil searching seperti di bawah ini:

Link Google

3. Selanjutnya klik hasil searching seperti yang terdapat pada kolom merah. Anda akan sampai pada halaman: Menghapus Informasi dari Google (Google Websearch) disertai penjelasannya.

4. Pada bagian bawah dari tampilannya, terdepat pertanyaan yang disertai pilihan jawaban :
Apa yang ingin Anda lakukan?
1. Menghapus informasi yang dilihat di Google Penelusuran
2. Mencegah informasi muncul di Google Penelusuran
Silahkan pilih jawaban yang pertama, "Menghapus informasi yang dilihat di Google Penelusuran".

Pertanyaan kedua; Informasi yang ingin saya hapus adalah?
1. Di hasil penelusuran Google dan pada situs web
2. Hanya di hasil penelusuran
Jawabannya pada kasus ini saya pilih yang pertama.

Silahkan Anda selesaikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang muncul berikutnya.. adapun semua history dari jawaban saya adalah:

2. Tidak, saya tidak dapat menemukan informasi kontak apa pun
7. Situs p*rn*grafi yang berisi nama lengkap atau nama bisnis
1. Ya
1. Ya
1. Ya

5. Terakhir Anda akan diminta mengisi form Email, Nama Lengkap, URL Google hasil searching dengan keyword tadi, dan URL dari situs tersebut setelah dikunjungi. Jika ada lain-lainnya, di sana terdapat tulisan "Menambahkan Halaman".

Jika semua pertanyaan sudah terjawab dan semua form sudah terisi, silahkan memulai mengirimnya ke google dengan menekan tombol "Kirim", silahkan lihat gambar di bawah:

Google Help

Jika sukses, akan muncul tulisan "Terima kasih telah menghubungi kami. Kami akan menindaklanjuti hanya jika membutuhkan informasi selengkapnya atau memiliki informasi tambahan yang ingin kami sampaikan."

Sampai disini usaha sudah kita lakukan, selanjutnya bertawakal kepada Allah.. in-syaaAllah link tersebut dihapus oleh Google Websearch. Selamat mencoba....

0 comments :

Post a Comment