Riset Kata Kunci Menggunakan Google Adwords Keyword Planner

User biasanya akan mengetikkan kata kunci di Google untuk mencari produk di Internet, maka kita perlu mengetahui kata kunci apa saja yang paling sering digunakan oleh para user. Aktivitas tersebut kita namai dengan riset kata kunci, untuk memulainya kita akan menggunakan Google Adwords Keyword Planner.

A. Cara Penggunaan:
1. Login ke akun Google Adword dengan mengunjungi https://adwords.google.com/KeywordPlanner.
2. Mulai membuka halaman Keyword Planner dari halaman tersebut, caranya: Klik "Tools" lalu sorot "Keyword Planner". Lihat gambar "1.Keywoard-Planner.png"
Keywoard Planner
1.Keywoard-Planner.png
3. Pilih "Search for new keyword and ad group ideas". Lihat gambar "2.New-Keyword.png"
New Keyword
2.New-Keyword.png
4. Masukkan nama produk Anda pada kolom "Your product of service" dan tentukan target Negara, Bahasa, Mesin Pencari, dll.. Pada contoh gambar, saya memasukkan kata kunci "cadar" dengan target negara "Indonesia" dan Bahasa "Indonesian". Jika sudah klik "Get ideas". Lihat gambar "3.Target.png"
Get ideas
3.Target.png
5. Selanjutnya akan ditampilkan hasil pencarian dari kata kunci dan pengaturan yang telah kita setting sebelumnya. 

B. Hasil Riset
Hasil Riset Google Adwords Keyword Planner
4.Hasil-Riset.png
Data yang ditampilkan pada gambar "4.Hasil-Riset.png", menunjukkan bahwa dari nama produk yang saya input yakni "cadar", dengan target pasar "Indonesia" menghasilkan banyak "Keywords Ideas", diantaranya: jilbab cadar, hukum cadar, pakaian wanita muslimah, pakaian wanita muslim, wanita cadar, cadar cantik, gamis cadar, dan lain-lain..

Maka keywords Ideas itulah yang nantinya akan dimasukkan dalam website kita untuk memasikmalkan mesin pencari atau SEO. Selamat mencoba dan semoga sukses..

2 comments :