10 URL Shortener Recomended dan Penambah Penghasilan

10 URL Shortener Recomended and Earning Money
Shortening URL merupakan teknik di dunia website untuk membuat Uniform Resource Locator (URL) / LINK yang panjang menjadi pendek (disingkat), ketika dikunjungi akan tetap mengarahkan ke halaman aslinya. Jika Shortening URL merupakan teknik, maka tool yang digunakan untuk menjalankan teknik tersebut disebut URL SHORTENER. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengcopy url/link panjang ke kolom URL Shortener yang tersedia pada setiap websitenya.

Sebagai contoh saya akan menggunakan url shortener dari Google yang beralamatkan di http://goo.gl, dan saya memiliki link "http://dianhendriyana.blogspot.com/2015/02/meta-language-dibutuhkan-oleh-bing.html" maka akan disingkat menjadi http://goo.gl/ktFTiD. Proses penyingkatan url tersebut dibuat secara otomatis.

URL Shortener sangat bermanfaat untuk kita gunakan ketika akan berbagi link panjang menjadi pendek agar dirasakan lebih ringkas dan nyaman oleh pembaca. Seperti saat kita menshare link ke social media facebook, twitter, whatsapp, bbm, email dan lainnya.

Berikut saya rangkum 10 URL Shortener pilihan dari sekian banyak yang ada internet. Anda bisa memilih yang mana saja, beberapa diantaranya juga menawarkan Earning money, cocok untuk yang mau mencari penghasilan tambahan dari internet. Sebelum mulai menyingkat url/link, sebaiknya kita mendaftar / register dulu agar mendapat fitur lainnya seperti table statistik / detail laporannya.

1. goo.gl : http://goo.gl/
Penempatan URL Shortener pertama saya pilih goo.gl karena bagian dari produknya eyang Google yang sepatutnya dihormati. :)

2. s.id : http://s.id/
Saya pilih s.id sebagai urutan kedua karena ia milik Indonesia dari PANDI atau Pengelola Nama Domain Internet Indonesia. Disamping lebih pendek karena hanya 3 huruf, juga untuk menunjukkan kecintaan kepada Negara Indonesia. :)

3. Shorte.st : https://shorte.st/
Dengan menggunakan URL Shortener dari Shorte.st, kita akan mendapat komisi $2 per 1000 tampilan/klik. Atau mendapatkan komisi afiliasi sebesar 20% dari produk yang ditawarkan. Komisi dibayarkan melalui Paypal atau Payoneer.

4. Adf.ly : http://adf.ly/
Meski URL Shortener ini sempat diberitakan telah diblokir oleh Negara India, namun masih lancar jaya kita akses di Indonesia tercinta ini. Dengan pembayaran komisi melalui paypal yang lebih sering tepat waktu, Anda bisa mendapatkan $5 per 1000 tampilan/klik.

5. bitly.com : https://bitly.com/
Meski menggunakan domain TLD .com, hasil URL nya akan berubah dengan bit.ly. Populer digunakan oleh pihak twitter sebagai shortener bawaannya.

Lazada Indonesia

6. p.pw : http://p.pw/
Terdiri dari 3 huruf, mirip dengan URL Shortener dari Indonesia. Membayar komisi $1 - $3 per 1000 tampilan dengan minimal pembayaran $5.

7. sni.ps : http://sni.ps/
Milik perusahaan Amerika. Komisi dibayarkan melalui Paypal minimal $10. Ketika ada teman yang bergabung dengan link referral kita, maka kita akan mendapatkan komisi 20%.

8. linkshrink.net : http://linkshrink.net/
Lumayan banyak jumlah huruf yang dipakai oleh URL Shortener satu ini. Meski begitu, tidak ada salahnya kita mencoba sekaligus eksperimen. Komisi dibayarkan minimal $5, dan penawaran komisi afiliasinya $10.

9. bc.vc : http://bc.vc/
Sangat menarik! Komisi $4 untuk 1000 tampilan, URL aman tanpa popup. Statistik real-time dengan laporan pendapatan. Komisi afiliasi 20% dan dibayarkan setelah mencapai minimum saldo $10.

10. tr.im : https://tr.im/a/
Kelebihan dari URL Shortener ini cepat dalam redirect, dapat menyenangkan pengunjung. Untuk bisa menikmati layanan dari tr.im, kita harus mendaftar.

Itulah 10 URL Shortener recomended dan penambah penghasilan, tentunya masih banyak lagi penawaran serupa dari yang lain, seperti: tinyurl.com, ow.ly, bit.do, tiny.cc, dan sebagainya. Silahkan dicoba satu-persatu, diukur tingkat kecepatan masing-masing server, dan kemudahan mengaksesnya.

1 comments :

  1. Hmm ternyata banyak juga ya url shortener, kirain cuma go.gl, adfly dan shorte.st saja... jadi bingung nih mau pake yg mana

    ReplyDelete