Cara Update Bios Asus P5KPL-AM SE Menggunakan Tool Asus EZ flash 2


Artikel ini dilatarbelakangi dengan adanya servisan di tempat saya, 1 unit CPU yang memiliki spesifikasi:
  • Motherboard Asus P5KPL-AM SE
  • Processor Intel Core 2 Duo E7400 (2.8 GHz)
  • Memory 3 GB DDR2
  • Harddisk Seagate 1 TB
  • VGA Card ATI 512 MB 128 bit
  • Power Supply (baru) Simbadda SB-380W
Setelah dilakukan pengecekan pada semua hardware menunjukkan kondisi masih baik, namun ketika diinstall menggunakan Windows XP SP3, Windows 7 32 bit, Windows 7 64 bit hasilnya selalu blue screen, selanjutnya saya masuk ke bios dan ditampilkan informasi berikut ini:

Bios Information
Version : 0318
Build Date : 01/12/09

Padahal di website resminya, ASUS, sudah terdapat bios updatenya versi 0702 dengan build date nya 08/20/10 (20 Agustus 2010), karena yakin permasalahan yang muncul (blue screen) disebabkan oleh versi bios yang harus diupdate, berikut cara mudah update bios Asus P5KPL-AM SE :

1. Download file update di website resminya | download |

2. Ekstrak file download tadi, sehingga menghasilkan file dengan nama "P5KPL-AM-SE-0702.ROM"

3. Copy file tersebut ke flashdisk, dan tancapkan flashdisknya ke komputer Asus P5KPL-AM SE.

4. Nyalakan komputer, masuk bios - caranya tekan beberapa kali tombol "Delete", pastikan flashdisk terdeteksi di bios. Jika ingin melihat versi bios sebelum diupdate, silahkan di dalam menu "Main" pilih "System Information", jika versinya sama dengan milik saya, akan ditampilkan versi 0318 dengan build update 01/12/09.

5. Untuk mulai update bios, silahkan menuju menu "Tools", tekan Enter pada "ASUS EZ Flash 2". Muncul pertanyaan pop-up "Start Asus EZ Flash 2 Utility?" silahkan pilih "OK"

6. Sekarang Anda berada di layar biru yaitu halaman AsusTek EZ Flash 2 Bios Rom Utility. Menggunakan tombol "Tab" pada keyboard, silahkan pilih partisi sebelah kiri yang menunjukkan inisial flashdisk Anda yang berisi file update bios tadi. Jika terdeteksi beberapa partisi, pilih nama flashdisk Anda lalu ENTER!

Make money from your Website or Blog with BidVertiser

7. Masih menggunakan tombol "Tab" pada keyboard, pilih file update dalam flashdisk Anda dengan nama "P5KPL-AM-SE-0702.ROM", lalu ENTER!

8. Proses "checking Files" akan berjalan lalu muncul pertanyaan "Are you sure to update BIOS?", pilih "YES"

9. Setelah proses update selesai, terakhir akan muncul konfirmasi bahwa update bios sukses, dan komputer akan restart sendiri.

10. Selesai!, untuk melihat perubahan, silahkan masuk bios lagi dan cek perubahan versinya pada menu "Main" pilih "System Information". Dan komputer yang saya update, berubah versinya dari 0318 menjadi 0702, dan build date 01/12/09 menjadi 08/20/10.

Alhamdulillah setelah dilakukan update bios seperti langkah-langkah di atas, sekarang proses install windows berjalan lancar, dan gambar di bawah ini hasilnya :


belajar komputer

0 comments :

Post a Comment