Servis komputer depok, mekarsari, tugu, cisalak, cimanggis

Konsultasi Masalah Komputer Gratis

Konsultasi Seputar hardware, software, internet
Jika diantara teman-teman ada masalah dengan komputernya dan bingung atau malah tidak tahu bagaimana cara mengatasinya, terlebih jika masalah tersebut sebenarnya sepele, yang sebenarnya bisa diatasi sendiri sebelum memutuskan untuk membawa ke tempat servis komputer, sekarang bisa langsung berkonsultasi / mengajukan pertanyaan melalui kolom komentar pada postingan artikel ini. Konsultasi ini tidak dipungut biaya alias gratis, dan ditujukan lebih spesifik bagi pemula, karena jika sudah ahli pasti nggak butuh konsultasi lagi (sudah hafal di luar kepala ).

Konsultasi bisa mencakup permasalahan seputar hardware, software, dan internet. Sebagai jawaban dari setiap penanya, apabila dibutuhkan jawaban yang panjang, saya akan tunjukkan alamat link yang terkait dengan pertanyaan yang sebelumnya akan saya buatkan artikel terlebih dahulu untuk jawaban penyelesaiannya secara rinci dan terpisah, hal ini untuk mempermudah dan tidak memenuhi kolom komentar.
Demikian yang dapat saya sampaikan dan terimakasih atas partisipasinya, semoga bermanfaat bagi penanya dan pembaca.

Update : Mohon maaf karena jadwal yang masih padat, sementara konsultasi di blog ini sy tutup dulu.. Sebagai solusi, silahkan membaca ebook panduan servis komputer dengan klik banner di bawah ini:

belajar komputer

111 comments :

  1. Pertanyaan:

    1. Aku kan punya PC...dan power suply nya klo nyala bunyi kenceng(kipasnya), apa itu krn udah lemah kah??

    2. Nah kebetulan monitor q koslet dan ngeluarin percikan listrik dr monitornya, apa itu ada penyebabnya sm power suply?

    3. Kebetulan krn takut ada kabel yg nongol dan nyetrum kemana-mana kabel power baik monitor atau CPUnya q selotip htm biasa, tp setah
    diliat lem dr selotipnya leleh, apa yg salah ya??

    4. Dan kebetulan tombol power CPU q susyaaah bgt buat nyala, apa yg salah ya??

    Hehehehe maaf banyak maklum beberapa kasus kyk gini q baru temuin :D ...sengaja borongan nanyanya.....mohon bantuannya kakak... :D

    Lianatus Solihah ( guegitu96[at]gmail.com )

    ReplyDelete
  2. Jawaban untuk pertanyaan:

    1. Jika sebelumnya Power Supply tidak bunyi kipasnya, kemudian akhir2 ini justru kencang bunyinya, bisa jadi karena kotoran. Solusi: Lepas Power Supply dari casing, biasanya ada 4 baut di casing cpu. Jika sudah, menggunakan obeng + yang ukuran ujungnya lebih kecil.. buka 4 skrup (baut) kecil di permukaan power supply. Jika sudah terbuka, bersihkan debu2 yang ada menggunakan kuas kecil, pada bagian fan(kipas) lepas saja skrup pengikatnya agar mudah dibersihkan bagian2 sayapnya. Khusus bagian fan(kipas), putar manual menggunakan tangan apakah sudah seret putarannya, jika seret berikan sedikit pelumas dengan membuka stiker bulat yang ada dan jangan lupa menutupnya kembali. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah melihat komponen power supply diantaranya adakah elco yang melendung, karena normalnya, permukaan elco kondisinya rata (tidak melendung / cembung). Jika terdapat elco yang melendung, ganti dengan elco baru (pakai solder ya..), jika kesulitan memasangnya sendiri bisa di bawa ke tempat saya ( promosi ) ATAU lebih mudahnya ganti dengan yang baru. Harga untuk jenis power supply standar kisaran 80rb - 150rb.

    2. Selama monitor mengambil arus sendiri ke stop kontak, kemungkinan besar terjadi arus pendek (koslet), tidak disebabkan oleh power supply. Dan memang sebaiknya monitor mengambil arus sendiri (terpisah) ke stop kontak. Ada dua kemungkinan, pertama; memang benar koslet, kedua; karena flyback monitor yang sudah bocor. Solusi: bawa ke tempat servis komputer. Jika kejadian pertama, masih bisa di servis biasanya ganti transistor dll. Jika kejadian kedua, ganti flyback monitornya dan ini biasanya jarang komperannya. Atau paling mudah tuker tambah dengan monitor yang masih bagus, tempat saya ada tuh banyak.. promosi lagi..

    3. Jangan di solatip, bawa ke dokter komputer untuk dikonsultasikan sesuai fakta yang ada.

    4. Tombol power CPU susah nyala biasanya terjadi karena timah solderan tepat yang menyambungkan antara kabel ke motherboard dengan switch di tombol powernya sudah mulai aus atau putus sehingga butuh penekanan agak keras ketika menyalakan. Solusi: Lepas tutup Casing CPU bagian depan, jika banyak debu dibersihkan dulu ya.. kemudian potong dua kabel penghubung ke switch tombol power, dan solder ulang timahnya (pakai solder ya..).

    Insya Allah kalau dilaksanakan semua penjelasan saya, komputer mbak ( ya ? ) Lianatus Solihah akan kembali normal. Okey.. saya tunggu kabar baiknya..

    ReplyDelete
  3. mau nanya nih gan ane instal windows, eh partisinya malah jadi aneh kagak ada partisi D nya...yang ada C,E sama F nah kalo ane colok modem/flashdisk malah jadi partisi D..kira2 apanya yg salah ya dan solusinya gimana tuh gan?

    erik hidayat erick_msn088[at]yahoo.co.id

    ReplyDelete
  4. Untuk masalah partisi D, E, atau F, dll.. itu tinggal rubah drive letternya melalui "my Computer" > "manage". ini sudah saya buatkan Video Tutorialnya.. silahkan di simak. Link: http://youtu.be/lI7QGiXFSKY

    ReplyDelete
  5. maaf nih gan ane ganggu, ane liat dari blogs nya Review Notebook ASUS A43S | K43SJ & Download Driver agan... dan kebetulan ane juga sama notebook nya pake asus type itu juga. nah kebetulan ane paling seneng pake windows xp sp2, pas ane coba install windows pake xp itu, eh ternyata kagak support driver notebook nya gan.. mohon pencerahannya gan, untuk driver yg untuk windows xp sp2 ada ga sih gan?? kalo ada mohon bimbingannya bisa download dimana gitu?? ane harap sih agan punya drivernya buat windows xp asus itu..dan bisa share ke ane gitu..makasih,,mohon supportnya gan..:-)

    ReplyDelete
  6. Wa'alaikumussalam wrwb.
    Agan kalau mau pakai XP jangan yg SP2, bug-nya terlalu banyak jadi banyak nggak amannya alias mudah lelet. Minimal pakai SP3, ane ada yang update bulan Agustus 2011 kemarin sdh nggak pakai serial lagi (dah diaktifkan). Untuk drivernya sendiri, dari website resminya sih nggak ada bro, adanya buat win7 32dan64, tapi kalau mau coba pakai SkyDriver atau Cobra Driver Pak, biasanya semua driver kena. Kalau mau bisa ane kirim masing2 DVD XP SP3 Agustus 2011 + SkyDriver + CobraDriverPack, silahkan kontak email saya melalui menu "KONTAK SAYA!" pada website ini. Oya, kalau tehnisi wajib punya tuh driver, soalnya senjata pamungkas. hehehe...

    ReplyDelete
  7. Mas saya install windows 7 pada pc lama namun tidak menemukan driver pada website resminya. Bagaimana cara saya mendapatkan driver yang kompatiblenya ? Mohon bantuannya. thanks.

    ReplyDelete
  8. Untuk jawabannya sudah saya buat artikelnya terpisah. silahkan kunjungi link ini: http://dianhendriyana.blogspot.com/2012/05/mengetahui-jenis-driver-dan-langkah.html

    ReplyDelete
  9. pertanyaaan :

    saya bingung kenapa pointer di laptop saya gak mau berhenti kedap-kedip bahkan kadang-kadang sampai hilang, jadi saya sulit untuk menggunakannya, apa ada kerusakan di laptop saya atau karena laptop saya kena virus,,,???

    kakak mohon bantuannya yah...!!!
    gimna cara mengatasi masalah ini...??:D

    ReplyDelete
  10. Jabawan:

    Mohon maaf sebelumnya mungkin yang Anda maksud printer ya ? Jika demikian, kedap-kedip pada printer terjadi bukan karena virus atau kerusakan laptop. Hal tersebut terjadi karena beberapa hal:
    1. Tinta pada salah satu atau kedua cartridgenya ada yang sudah habis. Silahkan di refill atau ganti dengan cartridge baru. Solusi lain dengan memasang infus tabung.
    2. Terdapat kerusakan pada salah satu atau kedua cartridge printer. Silahkan lepas salah satunya dan ganti dengan cartridge sejenis. Jika terasa repot bisa menghubungi teknisi printer.
    3. Printer minta reset blinking. Terjadi biasanya karena sudah terlalu banyak dipakai melebihi jatah maksimal printing yang disetting oleh pabrik. Resetternya bisa di cari lewat internet sesuai masing type printer.

    Semoga membantu. regards.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas maaf, maksudnya memang pointer (tanda panah penunjuk buat klik2), saya juga mengalami hal yang sama, suka kedap kedip di web2 tertentu, apalgi yang ada flash playernya gitu.

      Delete
  11. Laptop saya di instal 2 system yang 1 windows xp sp3 dan yang satu lagi windows7 ultimate... di windows7 vga intel HD 3000 terbaca "memory 817MB"... tapi di windows xp vga Intel HD 3000 terbaca "memory 256" yang ingin saya tanyakan :
    1. Apakah itu normal?
    2. Apakah bisa di windows xp terbaca "memory 817MB" seperti di windows7, seandainya bisa bagaimana caranya?

    Mohon bantuan infonya.... Sebelumnya saya ucapkan terima kasih...

    ReplyDelete
  12. nie masalah saya
    1.sebelum saya konek modem komputer tidak apa apa refresh tidak macet/lancar
    2.setelah saya konek modem komputer ngadet ngadet.refresh ngadet . padahal spesifikasi komputer ram 1gb vga 1gb browsing cepat.
    tapi main game kecil ngadet ngadet
    apa masalahnya?????
    tolong solusinya??????

    ReplyDelete
  13. tolong solusinya atau kirim sms 02168989479 . sebelumya saya terima kasih. post diatas itu saya

    ReplyDelete
  14. saya punya pc, pengen nambah fan buat pendingn tajmbahan. untuk mendapatkan arusnya dari mana saya harus mengambilnya mas?? ap bisa langsung dari catu daya nya /power supply kom nya?
    sekian pertanyaan saya..... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya ambil dari Power Supply mas. Dan pastikan power supply masih memiliki peforma yang bagus.

      Delete
  15. netbook saya eeepc 1201T, windows7 profesional
    jadi gini ceritanya..
    semalem sy abs bongkar netbook buat bersihin fan, stlh selesai sy pasang lg semua, sy nyalahin dan coba semua fungsi normal..
    stelah itu sy tinggal netbook dlm keadaan nyala krg lbh 15menit, setelah mau dipake lg tiba2 touchpad termasuk left dan right clicknya tidak berfungsi, sy restart muncul tulisan
    hotkey sewrvice : can't find touchpad device
    sy udh bolak balik instal uninstal driver synaptic, dan nyoba bgitu jg ke driver2 yg lain, tp hasilnya sm aja..o iya diujung sebelah kiri yg buat idupin dan matiin touchpad nyala trs gbs dimatiin..
    mohon bantuannya, mksh

    ReplyDelete
  16. Jawaban:

    3 September 2012, 16:24.
    Anda hapus driver chipsetnya melalui windows safe mode, kemudian masuk di device manager. Restart, dan biarkan masuk seperti biasa. Jangan install driver hotkey, download saja driver chipsetnya dari website resminya, dan install. Insya Alloh kembali normal.

    31 Agustus 2012, 17:33.
    Ambil arus dari conector kabel powernya, jika habis karena terpakai semua, belikan paralelnya.

    ReplyDelete
  17. Mau tanya nie..

    Notebook axio saya bermasalah, mungkin gara2 intall program aplikasi yang "tidak cocok" dengan SO saya, akhirnya notebook saya ngerestart terus-menerus. saya ingin merestore pake rstrui.exe ga bisa, karena waktu saya masuk ke safe mode, lalu saya klik rstrui.exe, dia nolak diklik dalam kondisi safe mode (minta normal mode), sementara di normal mode belom sempet buka apapun, baru sedetik masuk windows sudah langsung "layar biru" dan ngerestart lagi.

    Jadi harus bagaimana?

    ReplyDelete
  18. Kalau hanya salah install aplikasi dan menyebabkan windows terus menerus restart, silahkan masuk ke safe mode seperti biasa (F8) dan tidak usah menggunakan aplikasi boot tambahan. Setelah masuk safe mode, bisa hapus melalui menu remove program pada control panel untuk kesalahan installasi aplikasi, atau masuk ke device manager untuk kesalahan installasi driver. Jika cara di atas tidak memecahkan, silahkan install ulang saja mas..

    ReplyDelete
  19. malam mas, sori mohon bantuan banget,

    saya menggunakan administrasi wordpress pada web saya, setelah saya ganti thema,penambahan menu dan mau melihat all pages pada dashboard, setelah saya klik all pages, di web saya keluar : SSL received a record that exceeded the maximum permissible length.

    (Error code: ssl_error_rx_record_too_long)

    maksudnya gimana dan cara mengatasinya, tolong bimbingannya yah. baru mencoba ini mas.

    terimakasih banyak, dan salam kenal

    ReplyDelete
  20. maaf bz ganggu, gua mu tanya nich, gmn ya caranya agar nama,foto, dokumen dll bisa tampil di google pencarian. coz gua dh buat segala macam artikel, eh stelah di cari di google gk mncul, gmna solusinya boz?

    ReplyDelete
  21. @Mas RizalBerbisnis:
    SSL sudah pernah saya bahas disini http://dianhendriyana.blogspot.com/2012/05/cara-mengatasi-ssl-error-pada-halaman.html

    @Mahrus Khan:
    Langkah awal daftarkan halaman website / blog Anda ke Google. Caranya kunjungi link ini https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url?continue=/addurl
    Tunggu 2 sampai 3 hari halaman Anda sudah tampil di google. Usahakan rutin mengupdate artikel dan tidak sama persis dengan artikel pada web lain. Selanjutnya searching tentang ilmu SEO di google.

    ReplyDelete
  22. misi mas, saya mau nanya nih, ada problem yg agak aneh sama pc saya ini.
    awalnya sih ada pohon kena petir deket rumah ane, trus rupanya power suply pc ane ikutan meledak gara2 gak di cabut dari kabel listrik, itu udah diganti, udah aman. nah, udah 2 atau 3 hari pake, hari keempat mau diidupin lagi malah gak bisa gan, idup sih mau, cuma nyangkut, gak sampe booting. kadang cuma sampe minta f1, atau kadang di start windows normally. nah ane udah coba bongkar kabel harddisk, trus pasang ulang, tetep gak mau, ANEHNYA, pas ini cpu ane letak mendatar/ditidurin, malah lancar, bisa dipake seperti biasa. itu apanya yg salah ya gan?

    ReplyDelete
  23. selamat pagi mas Dian..

    Saya William,pengguna acer seri 4540.Ada yg ingin sy tanyakan ttg produk acer saya.

    Pertama tama,2 minggu terakhir ini saat saya akan menyalakan laptop,setelah tekan tombol power.
    Di layar tidak keluar logo merek Ac.. alias layar mati,tapi kondisi power menyala dan lampu indikator power jg menyala.Jadi,saya coba hard turn off (tekan lama tombol power) dan mencoba menyalakan lagi.Dan kadang bisa menyala seperti normal.

    Yang saya mau tanya kenapa bisa terjadi hal seperti ini,penyebabnya apa,apakah ada kerusakan2 di hardware laptop.
    Semoga bisa di bantu dgn deteksi awal,agar sy bisa tahu kira2 apa yg melatarbelakangi kenapa tidak bisa keluar gambar.

    terima kasih atas perhatiannya mas dian,kiranya dapat di bantu.Gbu

    ReplyDelete
  24. @herindiansyah adnan:
    Hanya nge-short saja gan. Bongkar lepas casing, kasih bantalan busa atau solatip elektrik saat rakit kembali. Suksess !

    ReplyDelete
  25. @William:
    Pak William coba bersihkan kaki emas memory laptopnya menggunakan penghapus pensil. Kemudian check kondisi harddisk menggunakan software mhdd, disana akan terlihat apakah bad atau masih bagus. Terimakasih...

    ReplyDelete
  26. mau tanya nih..
    Tiap mo call FB,aku sruh download lg,trz diinstal.tp instal blm selesai dh ilang..
    Mo coba wat call lg,balik gt trz..
    Pdhl kpn kmrn bisa..
    Tau solusinya ga?
    Makasih sebelumnya.. ^_^

    ReplyDelete
  27. permisi mas, mau tanya nih, saya menggunakan lenovo L412, saya menggunakan laptop ini sudah lebih dari setahun, dulu setelah saya pernah instal ulang windowsnya, kenapa ya laptop ini klo saya sedang menggunakan dalam keadaan casan tersambung sering mati sendiri, tp klo gak dalam posisi ngecas berjalan dengan normal, sdh saya coba berganti2 casannya tp msh juga seperti ini, sedangkan laptop punya temen2 saya aman2 aja walaupun seharian dipakai sambil ngecas tetap berjalan dengan normal, kira2 itu kenapa ya mas, tolong pencerahannya, terima kasih

    ReplyDelete
  28. kenapa komputer saya pada saat dinyalakan atau pada saat dipakai untuk apilikasi yg berat-berat suka bunyi kipasnya/power suply padahal gk ada kotorannya.dan ketika bunyi pasti program/apilikasi yg saya jalankan langsung not responding,kenapa ya?

    ReplyDelete
  29. mau tanya lagi nih,kalo beli RAM yg ukurannya 4gb berpa ya kira-kira?

    ReplyDelete
  30. maaf nih banyak nanya,satu lagi.kenapa ya komputer saya tidak ada suaranya,padahal audio cardnya ada dan masih ada realtek high definition audio nya,,bisa tolong jelasin dan bagaimana cara memperbaikinya?

    ReplyDelete
  31. Maaf salam kenal,
    Saya mau tanya nih masalah notebook,kebetulan ane punya notebook compaq cq42-152TU, kondisi LCD nya retak ( terganjal pensil waktu nutupnye ). Setelah itu ama kakak ane sdh di belikan sparepartnya n tinggal pasang doang. Nah waktu mau pasang ane bingung cara buka framenya susah banget, sisi atas,kanan,kiri sudah bisa di buka,tinggal yang bagian bawah ( tempat engsel/hinge) yang susah di buka. Apa ada bautnya ato apa gitu saya mash gak tahu, mohon bantuan tutorialnya sekalian gambarnya n pencerahannya.sekalian itung2 buat belajar sendiri bongkar notebook. Thk banyak sebelumnya
    Email herrysantoso83@yahoo.com

    ReplyDelete
  32. salam kenal
    mohon bantuan mengapa pc saya tidak bisa massuk BIOS langkah apa yg harus aku lakukan

    ReplyDelete
  33. Aq mau tny nslh wireles ni di lptop q. knpa ya, wireles q bilnag limited or not conected, sedangkan pakai laptop laen pada bsa connect, ada apa dengan wireles saya? padahal sudah sy install lg pake wireless driver.

    ReplyDelete
  34. sy mw nanya,, kan sy menggunakan hardisk dan dvd komputer untuk di jadikan hardisk dan dvd external ,, tpi kemudian lama dpakai cium bau hangus ternyata keduanya koslet dan terbakar apakah penyebabnya??

    ReplyDelete
  35. laptop toshiba saya dibagian bawah harddisk menggembung, itu sebabnya apa ya??? terus solusinya gmn??? thx

    ReplyDelete
  36. ini normal ga gan? mohon bantuannya

    https://m.ak.fbcdn.net/sphotos-f.ak/hphotos-ak-ash3/885298_579365978740872_757807972_o.jpg (image)

    ReplyDelete
  37. Gan, please need help ..... cpu mati total

    SPEK CPU ANE
    mobo: ecs h61m3
    pro: core i3 2120
    ram: team 8gb dualchannel
    vga: gtx 650 ti oc
    PSU: tagan stone rock 600W
    hdd: 3 hdd, @160, @80, @250
    dvdrw: asus

    masalah nya cpu ane tiba2 ga bs idup, jd pas ane pencet tombol power cm begerak kipas goyang dikit doang(ga ada 1 detik) dan lampu led nya nyala terus manteng(ga kedap-kedip) tapi ga ada bunyi apa2..jd ga idup sm skali ky ga ngangkat gitu...ane lepas vga,ram copot 1, hdd pake 1 doang, cabut jumper bios,tetep sama...ane ganti pake PSU yg lain sama aja ga nyala jg, pdhal slama ini ga ada mslh ga prnah ane aneh2in deh trkhir x maen kmrn bntar tu jg cm ngaskus...minta solusi dan saran nya gan trims bgt nih sblmnya

    ReplyDelete
  38. Permisi gan,
    komputer ane pada saat di pakai stelah pemakaian 1 jam ke atas suka mendadak tampilan layar di monitor tu bergaris-garis dan kotak-kotak warna-warni gak beraturan sampai gak kelihatan gambar desktop nya, saya restart pun tatap tampil begitu, tapi kalau saya matikan beberapa menit lalu di nyalakan kembali normal, begitu seterusnya.
    Pertanyaan saya penyebabnya itu kenapa ya ? Mohon informasi nya gan, terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek Memory menggunakan software memory86+. Cek juga VGA Cardnya..

      Delete
  39. @ Mulyadi:
    Ada 2 penyebab:
    1. VGA Card / Onboard
    2. Memory

    Coba cek keduanya ya..

    ReplyDelete
  40. selamat siang,sya punya laptop Merek HP 430 Core i3 ram 2GB trus pertanyaan saya Ram punya laptop tersebut apa bs di upgrade menjadi 4GB,trus ram yang cocok merek apa mohon informasinya gan trima kasih.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dg bandrol proc core i3 sudah mampu ke memory 8GB. Utk merk bisa pakai V-Gen / Visipro..

      Delete
  41. selamat malam,...saya memanggunakan laptop asus k43u,......jadi masalahnya gini,...tiap kali batrenya di charge,...kenapa ya,...kok arusnya kayanya keluar masuk gitu,......sesebentar muncul ac mode ,...n gantian batre mode gitu,....kira kira masalahnya di mana,....n satu lagi,..biasanya kalo udah gitu ,...lampu indikator di power buttonnya berkedip,.......mohon bantuannya,......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan replace baterai atau cek power switch nya..

      Delete
  42. mohon masukan saran. saya baru beli komputer rakitan. tp salah rekomendasi. tipe yang saya minta
    amd fx 6300 vishera prosessor amd
    mobo gigabyte GA-78LMT-s2p..seharusnya saya ingin motherboad asus.. tp dikasi yg merek gigabyte..
    apa ada rekomendasi menggunakan apa yang bagus motherboard dan harga terjangkau???

    ReplyDelete
  43. Pak saya mau tanya.
    Saya mau merakit PC memakai processor F2 A10 5800K Box 4,2GHz / 4MB – ATI Radeon HD7660.
    Biar performancenya bagus saya harus pakai mainboard apa ya ?
    Terimaksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai Motherboards F2A85MCSM Pak Dika.. http://www.asus.com/us/Motherboards/F2A85MCSM

      Delete
  44. Assalamualaikum..

    saya mw tanya,,, komputer saya lagi bermasalah,, awalnya komputer saya mati total, setelah saya cek ternyata ketika kabel dari power supply ke hardisk di copot maka komputernya bisa hidup normal,, jika kabel power supplynya dipasang ke hardisk, komputernya mati gag mau nyala...

    ada kerusakan kah pada hardisknya??? apa masih bisa diperbaiki???

    trimz....

    ReplyDelete
    Replies
    1. 'alaikumussalam warohmatulloh. Silahkan ganti harddisknya ya pak..itu harddisk sudah rusak, tidak usah diperbaiki.

      Delete
  45. kalo laptop fujitsu lh531 tidak mau muncul wifinya, dahn hanya bluetooth saya yang muncul kira kira kesalahannya di mana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas. Untuk Fujitsu Lifebook LH531 sy belum pernah pegang. Hanya saja secara umum untuk spek yang dimiliki lifebook tersebut sudah secara default terinstall driver wifinya.

      Delete
  46. asskum pak,
    mohon penjelasannya, knpa setipa saya ingin instal aplikasi bluestacks, pas di setiap akhir penginstalan selalu muncul, "tolong drivernya di update" kira begitu bunyi teksnya,,
    jd, apa y masalhnya? aku gk ngerti tentang itu,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @harping ping: 'alaikumussalam warohmatulloh. Silahkan download yang terbaru di http://www.bluestacks.com/

      Delete
  47. met pagi, siang, sore, & malam om
    mau nanya donk, sy ada masalah sama komputer sy
    masalah 1 : ATI DISPLAY DRIVER HAS STOPED RESPONDING & RECOVERED
    masalah 2 : BLUE SCREEN OF DEATH (atikmpag.sys)

    spec komp sy
    SOFT : WINDOWS 7 ULTIMATE 32 BIT
    MOBO : GIGABYTE 970A-D3
    PROC : AMD FX 8320 EIGHT CORE
    VGA : RADEON HD 6670 DDR3 2GB
    MEM : RAM 4 GB V-GEN
    PSU : SIMBADDA 500W

    begini cerita nya (sorry agak panjang)

    sy baru ganti VGA dari NVIDIA GTX220 ke ATI RADEON HD 6670
    semenjak pakai VGA NVIDIA, 2 masalah diatas gak pernah muncul
    tetapi pas ganti ke VGA ATI, 2 masalah di atas sering muncul, di mulai dari display error terus lanjut kena BSOD
    saya sudah reinstall windows nya, sudah reinstall driver ATI nya juga, sudah membersihkan driver ATI dengan Driver sweeper, tetapi smua nya NIHIL

    mohon bantuan nya, tq

    ReplyDelete
  48. gan, laptop aku tombol F5 nya mencet terus jadi suka refresh2 terus, klo di reboot kadang2 suka bunyi laptopnya. gimana ya gan... apanya yg rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersihkan keyboard, jk masih silahkan lepas saja tombol F5 nya, jika masih berarti dari jalur. solusi akhir ganti keyboard.

      Delete
  49. slamat malam mas hendra mohon bantuannya
    saya mau tanya
    komputer tadinya bisa nyala
    stelah aku make
    aku matikan trus aku hidupkan komputernya gak bisa hidup lagi mas.

    trimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika sudah dipastikan kondisi kabel power tidak kendor masih belum nyala, silahkan cek power suply apakah masih berputar?

      Kalau masih berputar kipasnya atau nyala lampunya, namun belum tampil..kemungkinan memory hanya kendor. Silahkan cabut memorynya dan pasang kembali.. jika sering kejadian, sebaiknya di bongkar total dan dibersihkan pakai tinner yg bagus biar bagian2 korosi bisa hilang..

      Delete
  50. mas, saya pake laptop K43u jadi kemaren ketika saya pake laptop hampir abis batrenya.. kemudian saya cas, nah ketika colokan charger saya masukkan laptop langsung mati total.. saya bawa ke service resmi asus mereka bilang mainboard angus dan ga bisa di klaim.. saya heran kok bisa ya.. padahal saya ngecas ga cabut batrai.. sekarang saya pusing soalnya ganti mainboard baru butuh biaya 2900.000.. gila kan? mending beli baru.. bisa kasih solusi ga mas.. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yg gosong bagian IC Power saja bisa bawa ke service laptop terdekat pak..biaya 350ribuan.. kalau rusaknya banyak bagian sebaiknya jual kondisi apa adanya ke toko komputer.

      Delete
  51. mas saya pake laptop asus a43e...
    saya ada kesulitan saat menginstall win XP, banyak win XP yang saya download tapi gk bisa d install semua...
    wktu instalkan ke orang, bisa sampe proses penginstalan selesai, tapi wktu mw masuk logon windows gk bisa masuk, layarnya jadi hitam pekat...
    kalo admin bersedia tolong donk carikan lalu upload windows xp yang cocok buat laptop asus A43E..
    butuh banget ni gan..
    http://yogagj.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Install laptop tidak semudah install pc, karena driver yg dibutuhkan lebih banyak. Jika belum terbiasa sebaiknya install ke toko komputer terdekat..ijin saja untuk lihat proses installnya sambil belajar.. kalau nggak jauh silahkan main tempat saya..

      Delete
  52. mas, saya pake laptop fujitsu lh531. tapi bluetoothnya ga kedeteksi. itu kenapa ya, padahal dulu dulu sempet bisa kepake bluetoothnya. thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. install driver bluetooth nya yang sesuai versinya mas.. coba ikuti cara ini: http://dianhendriyana.blogspot.com/2012/05/mengetahui-jenis-driver-dan-langkah.html

      Delete
  53. Hallo Pak, salam kenal saya Mutiara Nirawana Pratiwi.

    Mohon bantuan untuk laptop saya (HP) ketidka sudah diinstall microsoft office 2010 full namun tenryata ada beberapa program microsoft office (yang menurut saya sangat menunjang aktivitas bisnis saya) tidak terinstall, yang terinstall hanya word, excel, powerpoint, dan microsoft access, sisanya seperti publisher dll tidak terinstall padahal publisher sngat membantu aktivitas publikasi saya maupun dunia email, mohon bantuanyya segera Pak.

    mutiara.nirwana@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. microsoft officenya pastikan yang versi professional mbak..

      Delete
  54. Assalamu'alaikum...q mw nanya gmn cara mengatasi masalah windows 8 yang restart jika di buka smua icon startnya,misalnya icon foto mskipun sudah ditambah resolusinya (notebook hp Mini 210-4000)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 'alaikumussalam warahmatullah. Pastikan suhu mainboard tidak over heat. Jika kondisi suhu normal, cek harddisknya bro.. perhatikan juga peruntukan netbook tersebut apakah support windows 8.

      Delete
  55. mau naya nih gan,,laptop saya Asus k43u jika mau dihidupkan tidak mau masuk ke windows,,selalu masuk ke bios.???.


    mohon jawabannya???

    ReplyDelete
  56. mohon bantuannya...

    saya punya masalah pada labtop Acer saya. setelah saya menginstal labtop saya tiba-tiba menjadi lemot. saya mencoba menginstal kembali 2 - 3 kali, kondisinya masih tetap sama. sepertinya masalah labtop saya ada dimana, mohon solusinya.

    terimah kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek kondisi harddisknya mas.. silahkan searching dan download software untuk cek kondisi bad sector harddisk. misal victoria atau mhdd 4.6.

      Delete
  57. saya mau tanya nih...laptop saya asus k45dr
    ada masalah layar kedip2 terus gak brenti2 tapi kalo q gerakan pointer mouse, kedip2x brenti apalagi kalo pointer q puter2 malah gak ada kedip sma skali

    tolong dibantu masalahnya apa yah???

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Install windowsnya pak, atau kalau kedip2nya di dalam windows kondisi sparepart hangat bisa jadi inverter mulai lemah. Atau itu hanya screen saver ?

      Delete
  58. mo tanya nich..
    notebook sering restart&blue screen trus muncul command spt brk :
    Stop : 0x0000000A (0x00000EF4, 0x00000002, 0x00000001, 0x806E7A2A )
    Stop : 0x0000000A (0xBADB0010, 0x0000001C, 0x00000000, 0x804FFASD )
    kira2 kenapa ya..
    mohon pencerahannya..
    sering sekali muncul command2 spt itu.
    sebelumnya terima kasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek memory menggunakan software Memory 86+, nanti akan ditampilkan jumlah errornya. Dan check kondisi harddisknya apakah ada bad sector? Cek harddisk bisa menggunakan MHDD 4.6 atau lainnya..

      Delete
  59. alasan baterai laptop masih 40% tiba tiba mati akan tetapi jika dihidupkan lagi baterai masih 40%,,,,,,,????
    apa solusinya?????/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika saat 40% dirasakan ada panas yang tidak wajar, laptop harus dibersihkan bagian pendingin dan ganti thermal pastanya pak..biasanya harus bongkar..

      Delete
  60. Ass,,, kalau buka ms word, terus mau ubah sizenya kursor kedap kedip, bagaimana solusinya...email : arhoelk@gmail.com

    ReplyDelete
  61. Gan, ane punya laptop toshiba satellite l630, lampu indikator wifi nya nyala terus (kuning)
    saya sudah install drivernya, kl kepengen mematikan lampu indikatornya gmna ya gan, ane dah coba tekan Fn+F8 tapi msh nyala juga (F8=gambar wifi), gmna solusinya ya gan, matur suwun

    ReplyDelete
  62. Kka saya mau konsultasi masalah laptop!!
    saya punya laptop acer aspire 4750z lcd.a rusak dan saya punya laptop acer aspire 4535 VGAnya matot.
    nah yang mau saya konsultasikan disini itu. jika, laptop acer aspire 4535 di ambil lcdnya dan dioplos dengan laptop aspire 4750z itu bisa tidak??
    mohon jawabannya!!

    ReplyDelete
  63. Master Tolong Bandingin Hsf yang dapat Mendinginkan AMD FX-8350,

    Master gue dkt" ini ada rencana untuk Ganti Hsf bawaan dari Amd.
    tp gue binggung Master mending pakai Hsf yang mana ia
    dan dari list di bawa ini yang mana performa yang lebih untuk mendinginkan AMD Fx-8350

    ane ada Opsi Antara
    1.Corsair Hydro Series H80i Water Cooler
    2.Noctua NH-C14P + 2 X Fan 14CM
    3.Phanteks PH‐TC14PE RD - All Intel Socket (Included LGA2011) & AMD Socket - Alumunium Red Fins - 2x14CM Fan
    4.Enermax Water Cooler - ELC-120TA (All Socket For Intel & AMD 1x120mm Radiator, 2x120mm Fan)
    5.Cooler Master SEIDON 120XL Watercooling
    Tolong berikan pencerahan master"
    klo master ada Opsi Hsf yang lebih baik dari yang di atas , Mangga master

    ReplyDelete
  64. Saya mau konsultasi...
    Laptop saya DELL, sebelumnya saya pernah ganti Hard Disk nya. yang mau saya tanya apakah besarnya RPM pada hardisk mempengaruhi kinerja laptop???? krena kasus saya adalah setelah saya ganti hardisk ketika saya bermain game ( The Sims) seperti terbata-bata / lag. bahkan memutar lagu playlist kadang terbata2 juga.
    tolong bantuannya, Terima Kasih

    ReplyDelete
  65. Mohon bantuannya mas...
    PC desktop saya tidak bisa detect keyboard saat ada peringatan CMOS Checksum, tanggal kembali ke defaultnya mas, saya coba masuk Bios tekan Delete tetap ga ada respon, padahal sudah ganti-ganti keyboard baru sampe yang USB malah, di coba ganti Batere CMOS juga tetap

    ReplyDelete
  66. mohon bantuannya mas..
    kok setiap saya masukkan flashdisk ke laptop saya, jadinya malah filenya dalam type shortcut ya?
    sudah saya coba memberantas pakai cara ketik cmd di run, tapi nggak berhasil
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
  67. Adiku punya Asus X44H, 3 hari lalu pas mau di on, yang keluar hanya tulisan Port 0:Toshiba MQ01ABD050 S.M.A.R.T STATUS BAD, Backup & Replace .Press F1 to resume. setelah di tekan F1,.. yang keluar bahasa yang aneh nggak jelas,.. terus saran temen,.. tekan Ctrl alt del, tapi yg keluar kembali ke awal port 0 toshiba dst nya,.. coba lagi tetap aja kembali spt itu,... itu masalahnya apa ya..? and solusi gimana mas..?? trima kasih banyak

    ReplyDelete
  68. mas mohon infonya, penyebab kursor berkedip apa ya?? gimanah solusinya,,, trimakasih, salam sejahtera

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas, ane juga ngalamin hal yang sama. Kursor kadang kedip-kedip sendiri, abis itu normal lagi. Kedip-kedip lagi, gitu terus berulang-ulang. Sampai mengganggu pekerjaan.

      Delete
  69. Sala, mas. Saya ada problem sama kayak yang diatas; kursor kadang kedip-kedip sendiri, abis itu normal lagi. Kedip-kedip lagi, gitu terus berulang-ulang. Sampai mengganggu pekerjaan. Itu penyebabnya apa dan bagaimana cara mengatasinya? Saya kurang paham soal komputer, bisanya pake doang. Mohon bantuannya mas. Thanks!

    ReplyDelete
  70. "cidaemon.exe has stoped working"
    itu gimana ngatasinnya mas? saya udah close tpi messagenya muncul terus, tolong bantu mas

    ReplyDelete
  71. "cidaemon.exe has stoped working" itu gimana ngatasinnya mas? saya udah close tpi messagenya muncul terus, tolong bantu mas

    ReplyDelete
  72. salam kenal, maaf, kursor dimicrosoft word saya terus melakuka busy backgroud, apa ya masalhnyam dan gimana cara mengatasinya.?

    ReplyDelete
  73. Mas ini kenapa yaaa...., selalu keluar internet download manager has been registered with a fake serial number or the serial number has been blocked. IDM is exiting...
    Seminggu yang lalu karyawan panjenengan kerumah dan sudah di service tapi masih tetap saja seperti ini malah nga bisa download malahan.
    Mohon di bantu mas... karena sangat mengganggu sekali nie... setiap saat selalu muncul.

    ReplyDelete
  74. siang gan mau tnya
    laptop saya acer travelmate p234
    akhir" ini layar laptop saya suka kedap kedip ?
    pertama kejadian pasa lagi dengerin musik tiba" kedap kedip
    kan saya jdi takut saya matiin, pas di hidupiin dia muncul sedia kala
    tapi kadang" bisa kayak gitu lagi
    tanyain ke teman laptop saya aman-aman aja gada masalh
    tpi layar nya kadang suka kedap kedip
    itu kenapa dok dan gimana solusi nya ?

    ReplyDelete
  75. siang...
    mau konsultasi nih. mengapa setelah ganti kartu grafis, pada saat shut down komputer monitor kok tetap menyala (muncul tulisan check signal cable). Sebelumnya begitu komputer shut down monitor dalam posisi stand by. mohon pecerahannya. terima kasih

    ReplyDelete
  76. PT Metalogic Informatika : Jasa Konsultan dan Jasa Pengadaan Komputer. PT Metalogic Informatika adalah perusahaan yang bergerak di bidang konsultan IT, maintenance komputer, programming, reparasi komputer, dll.

    Kami juga menyediakan komputer untuk sekolah,kantor,kampus dan instansi lainnya.
    kami juga menyediakan komponen Hardware komputer dengan harga yang kompetitif.

    Kami melayani pemesanan untuk Jabodetabek dan semua propinsi di Indonesia.

    Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi :
    Herry Hermawan HP 081808848274 / telp 021 5324790 atau klik http://www.metalogic.co.id
    .

    ReplyDelete
  77. Permisi mau tanya. Saya beli laptop HP pavilion sleekbook 14-B039TU tanpa OS. kemudian saya instal windows 7 dan berjalan lancar. Namun, saya sempet tugas ke luar tanpa membawa laptop saya dan windows blum diaktivasi. Akhirnya saya clean instal lagi windows 7 (cd yg sama) dan melakukan aktivasi. Tetapi, skrg laptop saya 2 port USB 3.0 nya tidak berfungsi. Hanya 1 port usb 2.0 yg berfungsi. di device manager ada beberapa device di "other devices" yg statusnya driver not installed. Tetapi saya sudah coba cari di internet dan blom berhasil ketemu. Apakah masalahnya laptop saya ga kompatibel dgn windows 7? klo iya, yang bikin saya heran, kenapa pas instal pertama usb portnya bisa berfungis baik2 saja? Bisa tolong dibantu solusinya?

    ReplyDelete
  78. permisi ya gan , mau tanya nie
    beberapa tombol keyboard ane sprt esc , alt , -> itu ketika di tekan sring nyentrum ,,, knp y gan

    ReplyDelete
  79. halo ..
    saya mo tanya nih. saya ada netbook asus EeePC Intel Atom. Kerusakannya tuh kadang dinyalakan bisa, kadang kadang dinyalakan tidak bisa. lampu indikator power kedip kedip. Kira kira kerusakannya apa yah ? Trus gimana solusinya. Trima kasih ( qomarmadiun220177@gmail.com )

    ReplyDelete
  80. Gan kalau pada saat pointer nge klik file atau aplikasi,file nya suka kehapus sendiri?

    ReplyDelete
  81. Gan, mohon bantuannya.
    Komputer ku ngak mau di instal XP, tadi nya sih bisa. tapi setelah ku instal linux dan mau ku instal XP kembali dia ngak mau. selalu berhenti di Starting Windows, tidak mau masuk ke tahap partisi hardisk. Sudah ku coba ganti Harddisk sama Ram hasil nya sama aja. Ku Coba instal windows 7 sama 8 malah bisa. Segala setting bios sudah ku otak atik, dari mulai booting sampai setting Sata IDE.

    Makasih sebelum nya ^^

    ReplyDelete
  82. Salam kenal. Saya Tiara. Saya ingin bertanya, setiap kali laptop saya scan dengan SmadAv,
    selalu muncul 1 registry yang terinfeksi yaitu
    HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{20D04FE0-3AEA-1069-A2D8-08002B30309D}.
    Setiap kali difix atau repair, pada scan berikutnya tetap saja muncul.
    Bagaimana mengatasi hal ini? Mohon bantuan jawabannya. Terimakasih.

    ReplyDelete
  83. Salam kenal. Saya Tiara. Saya ingin bertanya, setiap kali laptop saya scan dengan SmadAv,
    selalu muncul 1 registry yang terinfeksi yaitu
    HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{20D04FE0-3AEA-1069-A2D8-08002B30309D}.
    Setiap kali difix atau repair, pada scan berikutnya tetap saja muncul.
    Bagaimana mengatasi hal ini? Mohon bantuan jawabannya. Terimakasih.

    ReplyDelete
  84. Salam mas.Aku Nofris mas,Punya masalah tentang laptop saya Hp430 core i5 lampu caplock kedip 2kali.Katamya masalah bios mas.Tapi malah bingung cara ngatasinya soalnya layarnya ngak nyalah sama sekali.browsing sana kemari gak ada solusi mohon petunjuknya mas.trims

    ReplyDelete
  85. netbok advan punyaku pake windows xp sp3, masalahnya sondnya tidak kedetek alias hilang. tak coba instal juga ndak bisa. tolong bantuin dong gimana solusinya...! selain instal ulang windowsnya...

    ReplyDelete
  86. Salam Kenal,

    Pak, saya mau nanya kenapa di Mozilla saya kalau mengakses google sering mengalami "The connection was Interuppted"
    tapi kalau situs yang laen lancar2 aja. Problem ini terjadi kira2 sudah +- 2 minggu.
    Saya sudah coba melakukan clear history di Mozilla dan di option mozilla, advanced,network, di cached web content dan
    di offline web content and user data sudah saya lakukan Clear. Tapi cara ini kadang berhasil kadang tidak.
    Kalau saya tutup dan buka mozillanya lagi baru bisa akss tp beberapa menit kemudian terjadi lagi seperti itu.
    Saya juga pernah mencoba mengubah nilai "Network.disable.ipc.server menjadi True/False di about:config tp itu jg tidak
    membuahkan hasil.
    Settingan di Mozilla saya di Network sudah saya coba pakai pilihan auto proxy dan no proxy jg tdk membuahkan hasil.
    Kmd di Internet option, properti tcp/ipv4 ,Preferred DNS server saya pakai : 8.8.8.8 dan Alternate DNS server : 8.8.4.4 jg masih
    begitu. dan saya sudah pernah coba pakai pilihan obtain DNS server addres automatically jg sama.

    Problem ini sangat mengganggu saya dalam mengakses Internet.
    Saya Mohon Pencerahan dari Bapak/Dewa Komputer. :)

    Untuk sebelumnya sy mengucapkan banyak terima kasih.

    ReplyDelete